Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Prinsip-prinsip evaluasi pendidikan perspektif Islam meliputi mengacu pada tujuan, d…
Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga dalam menyikapi hal tersebut penulis mencoba menelaah secara sistematis terkait kebijakan pendidikan agama Islam di Indonesia dengan demikian dapat dianalisa ke…
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) akhir-akhir ini semakin memprihatinkan dan dirasakan kurang dapat menarik semangat belajar peserta didik, kemudian keadaan ini diperparah dengan proses pembelajaran serta materi ajar yang terlalu mengedepankan paham eksklusif daripada paham dan praktik inklusif. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin merosotnya sikap menerima dan menghargai perbedaan di…
Lockdown akibat pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan masyarakat di berbagai aspek termasuk aspek keagamaan. Aktivitas keagamaan yang dalam keadaan normal dilangsungkan tatap muka, harus dilakukan penyesuaian termasuk penghentian untuk sementara waktu, seperti pelaksanaan haji, umrah, bimbingan manasik, salat jamaah, dan sebagainya. Keadaan ini memunculkan dilema baik dari sisi spiritual k…
Perkembangan Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia sebgai salah satu disiplin ilmiah nmengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini terlihta dari banyaknya lembaga sosial dan masyarakat yang memerlukan disiplin ilmu tersebut sehingga menjadi sarana utama untuk memberi pemahaman dan cara menerapkan programnya.
Buku Pendidikan Agama Islam 1 Kelas X SMA ini disusun berdasarkan Kurikulum 2004 atau lebih dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Tujuannya untuk meningkatan nilai dasar keimanan dan ketakwaan siswa, mampu beribadah sekaligus bermuamalah dengan akhlak yang mulia.
Di Indonesia, jauh sebelum Bung Karno menggagas konsep kemerdekaan Indonesia, elemen bangsa yang berbassis pendidikan seperti R.A. Kartini, HOS Cokroaminoto, Dr Soetomo, Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara. Sudah memikirkan bangsa ini lewat pendidikan. Tidak lama berselang giliran KH.A Dahlan mendirikan Organisasi sosial dan kependidikan dengan nama Muhammadiyah. Lewat satu dekade berikut…
Masalah moralitas siswa dan remaja dewasa ini sudah menjadi problema umum dan merupakan pertanyaan yang belum ada jawabannya. Mengapa para siswa sejak SLTP, sudah banyak mengkonsumsi narkoba dan obat-obat berhaya lainnya? Mengapa para siswa tampak mudah marah dan sangat agresif, sehingga gampang tersinggung dan dengan mudahnya tawuran? Mengapa para siswa begitu bebas bergaul dengan lain jenis t…