Buku ini berusaha menyajikan berbagai persoalan seputar pemikiran dan fenomena komunikasi yang melekat pada aktivitas dakwah. Dengan paparan yang sederhana, konsep-konsep komunikasi dielaborasi untuk menghubungkan perkembangan media baru dengan kepentingan penyelenggara dakwah. Bagaimana perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, baik media cetak, elektronik, film, dan internet, dapat mem…
Sosiologi dakwah mengantarkan pada pemahaman mengenai fakta-fakta masyarakat manusia, ragam strata yang terdapat pada masyarakat manusia dalam berbagai segi yang sangat penting bagi akurasi pemetaan dan pengolahan sasaran dakwah. Buku ini memaparkan pengertian sosiologi dakwah, sosiologi dan problematika dakwah, perkembangan sosiologi dakwah, pemikiran sosiolog muslim mengenai perkembangan sosi…
Buku ını berangkat dari satu tesis sederhana, bahwa praktik dakwah tidak pernah berlangsung pada sebuah ruang yang kosong secara budaya. Sementara, pada sısı yang lain, kegiatan dakwah juga dapat dijadikan sebagai medium sosialisası, difusi, transformasi sekaligus internalisası nılai luhur budaya. Sebagai sebuah proses kulturalisasi ajaran dalam dataran kehidupan masyarakat, secara makro…
Buku ini diangkat dari riset fenomenologis atas kiprah seorang dai kenamaan Jawa Barat, Kiai Zainal Abidin yang banyak menggunakan pendekatan seni dalam kegiatan dakwahnya. rnrnKematangannya dalam membaca peta sosio-antropologi masyarakat dakwah yang dimasukinya, membuat dirinya bisa diterima di semua strata. Terlebih dengan pendekatan seni yang digunakannya membuat masyarakat lebih mudah mener…
Buku sosiologi dakwah rekonsepsi revitalisasi dan inovasi rnSebagai sebuah realitas sosiologis, dakwah adalah keniscayaan yang tak terhindarkan. Perkembangan zaman menuntut cara dakwah yang mesti terus diperbarui tanpa henti. Perlu ada rekonstruksi, rekonsepsi, revitalisasi, dan inovasi agar dakwah yang dilakukan lebih relevan, lebih mengena, dan lebih bisa mengeksplorasi potensi dan kekuatan u…