Dengan membaca buku ini diharapkan dapat memahami bahwa pemilihan dan penggunaan metode mengajar dalam pengajaran IPS tidak merupakan aspek yang berdiri sendiri, tapi merupakan elemen interaksi edukatif yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Oleh sebab itu mamahami pengertian, prinsip dan fungsi serta tujuan mengajar adalah merupakan suatu kaharusan bagi setiap mahasiswa dan guru PIPS.
Materi yang disampaikan dalam Cooperative Learning Anita Lie ini cukup luas dan menantang untuk eksplorasi lebih lanjut bagi para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau peneliti lainnya. Dengan runut buku ini diawali dengan landasan pemikiran mengapa buku ini ditulis adalah dengan pengenalan paradigma baru dalam dunia pendidikan yang lebih mengedepankan peran siswa dalam kerangka cooperati…
Sesuai dengan amanat Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah diimplemaentasikan mlalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan [KTSP], bahwa guru sebagai agen pembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara konteksual dengan melibatkan langsung peran serta peserta didik secara aktif (student centre). Sebaik apa pun substansi materi ajar, tetapi jika guru tidak mampu mengemas sec…
Buku ini disusun bagi para mahasiswa, guru, perancang pembelajaran, para pemerhati pendidikan, yang ingin memperdalam tentang moral dan pembelajaran moral. Termasuk di dalamnya adalah para peneliti di bidang pembelajaran yang tertarik untuk menguji kesahihan teori-teori pembelajaran dalam konteks pendidikan moral. Bagi para perancang pembelajaran yang tertarik untuk mengembangkan program-progr…
Buku ini berbicara tentang perkembangan media komunikasi pembelajaran dan hubungannya dengan perkembangan teknologi yang terus menghadirkan berbagai kemungkinan baru. Pola yang menjadi dasar belajar dan mengajar dan konsep dasar komunikasi media pembelajaran. Rangkaian pembahasan tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan perbincangan mengenai perkembangan media pembelajaran dan peran guru di da…
Konsep dasar strategi belajar mengajar ini meliputi hal-hal: (1) menetap-kan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku pebelajar; (2) menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah belajar mengajar, memilih prosedur, metode dan teknik belajar mengajar; dan (3) norma dan kriteria keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besa…
Buku ini berupaya memberikan pembekana atau wawasan yang lebih luas kepada para calon guru atau tenaga kependidikan lainnya untuk memilih dan menggunakan metode belajar secara luas dan bervariasi yang berdasarkan Cara belajar Siswa Aktif (CBSA). Upaya ini dilakukan agar para guru sebagai tenaga profesional memiliki bekal dan kesiapan yang memadai agar mampu melaksanakan tugasnya di lapangan ata…
Bagi pendidik, memahami konsep dasaar pembelajaran merupakan suatu kekniscayaan. Terlebih dalam pembelajaran pada level usia dini memerlukan perlakuan yang intensif dibanding level level lainnya. Manfaat utama memahami konsep dasar tersebut adalah dapat lebih memudahkan pendidik dalam menentukan strategi, model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang paling tepat, sehingga pembelejaran dilemb…
Buku ini diberi judul Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 yang memuat 10 tulisan dari akademisi, praktisi, peneliti, dosen, dan guru. Bab pertama membahas tentang guru. Guru belajar secara mandiri dan kelompok tentang literasi digital melalui internet, webinar, dan pelatihan. Pandemi menuntut guru memguasai kompetensi baru terkait pembelajaran berbasis daring. Bab kedua membahas …