Text
MANAJEMEN CORPORATE STRATEGI DAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Buku ini telah memperkaya khazanah Ilmu Pendidikan dengan mencoba memperkenalkan istilah dan konsep- konsep Bisnis ke dalam dunia pendidikan. Sistem Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran, layak diadopsi ke dalam lembaga pendidikan. Seperti tertera dalam judul buku, bahwa istilah pemasaran bukan berarti komersialisasi, tetapi mengutamakan pendidikan yang berkualitas, dan memberikan layanan prima kepada stakeholdernya, sehingga memberi kepuasan kepada publik.
Buku ini juga mengupas konsep strategi pemasaran yang dikenal dengan konsep 7 P: P1= Product (kurikulum, Prodi, Jurusan); P2= Price, P3= Place (lokasi, jalur lalu lintas); P4- Promotion; P5= People (tim manajemen serta dosen dan staf administrasi); P6= Physical Evidence (fasilitas fisik, gedung, ruang kuliah, tempat parkir, pertamanan dalam kampus serta peralatan alat bantu proses belajar-mengajar, laboratorium, teknologi pendidikan, perpustakaan, dsb.); dan P7= Process (kegiatan proses belajar mengajar, bimbingan skripsi, tesis, disertasi, ujian, promosi, dsb.)
Mari kita atasi segala kendala, dan yang paling dirasakan ternyata terkait dengan kesiapan pola pikir (mindset) SDM untuk berubah, dan keluar dari comfort zone yang selama ini dirasakan memberikan kenyamanan individual (Pidato Rektor UPI dalam Dies Natalis UPI, 20 Oktober 2008)
Tidak tersedia versi lain