Buku ini menyoroti pendidik sebagai teladan atau model bagi anak sejak usia dini sehingga mampu membantu anak agar menjadi manusia seutuhnya sehingga tergalilah dengan baik potensi jasmani, rohani dan akalnya. Secara terinci isi buku ini adalah sbb: Pendahuluan; pendidik, upaya pendidik dalam optimalisasi jasmani anak sejak usia dini; upaya pendidik dalam optimalisasi rohani anak sejak usia din…
Ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Ilmu pengetahuan terapan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya pun berlaku bagi ilmu pengetahuan murni yang membutuhkan ilmu terapan untuk menyediakan fasilitas dan peralatan penelitian yang akurat. Fisika terapan merupakan ilmu pengetahua…
Tanpa adanya pemahaman yang komprehensif mengenai konsep dasar PAUD, siapapun akan keliru memahami PAUD.rnrnBuku ini membahas segala sesuatu mengenai PAUD secara komprehensif, mulai dari PAUD, pandangan para filsuf di bidang pendidikan anak, prinsip-prinsip PAUD, karakteristik perkembangan anak, kualifikasi guru PAUD, peran orang tua terhadap keberhasilan lembaga PAUD, isu-isu kontemporer PAUD …
Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang berkeinginan menguasai, mendalami, bahkan menjadi pengelola PAUD. Keinginan tersebut sudah banyak terlaksana di masyarakat, tetapi tanpa didasari dengan ilmu tentang PAUD. Berdasarkan fakta, pembelajaran pada anak usia dini yang terjadi di lapangan sekarang ini masih banyak bernuansa Calistung (membaca, menulis, dan berhitung) yang secara sadar ataupun tid…
Urgensi pendidikan bagi anak usia dini sudah diakui semua pihak sehingga orang tua, masyarakat, dan pemerintah memberikan perhatian serius terhadap pendidikan bagi anak usia dini. Oleh karena itu dibutuhkan erhatian sekaligus pendekatan taktis agar proses pendidikan atau pembelajaran yang dilakukan pada jenjang PAUD bisa berjalan dengan sukses.
Hakikat pendidikan adalah mengoptimalisasikan seluruh potensi (kecerdasan) manusia. Seluruh potensi manusia berpusat pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains sehingga pendidikan perlu memasukkan neurosains ke dalam praksis pembelajaran. Ironisnnya, selama berabad-abad pendidik mengubah otak anak (mengembangkan potensi peserta didik) tanpa pengetahuan sedikitpun tentang neurosa…
Kepala Sekolah sebagai manajer merupakan suatu kebijakan prograsif yang dimaksudkanmemberikan kewenangan kepada kepala sekolah sebagai penentu sekaligus penanggung jawab terhadap kinerja proses pembelajaran pada satuan pendidikan atau sekolah. Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk…
Jurnal ilmiah merupakan media komunikasi bagi para ilmuan, calon ilmuan, dan pemerhati dalam disiplin ilmu tertentu. Jurnal memuat laporan penelitian dalam bentuk artikel yang diperlukan oleh masyarakat ilmiah sebagai rujukan dalam melakukan penelitian atau mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.rnrnHasil penelitian memberikan umpan balik atas teori yang ada: memperkuat, m…