Pendidikan Agama yang terselenggara pada sekolah- sekolah saat ini belum optimal dalam pengembangan p[ribadi, watak,d an akhlak karimah peserta didik sebagaimana yang telah diinginkan. Hal ini disebabkan berbagai faktor, antara lain rendahnya kompetensi profesional dan pedagogik Guru Pendidikan Agama, muatan kurikulum lebih berat kepada kemampuan ritualistik tapi lemah pada penguatan kesalehan …
Kehadiran Pengawas Pendidikan Agama (PPA) adalah dalam rangka menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah. Namun, pelaksanaan tugas PPA dihadapkan pada keterbatasan sarana transportasi yang dimiliki PPA untuk menjangkau sekolah-sekolah yang disupervisi, lebih banyaknya sekolah yang mesti disupervisi dibandingkan jumlah tenaga PPA yang tersedia, luasnya wilayah penyebaran sekolah, …
Pelaksanaan pendidikan agama di sekolah tidak hanya dilihat semata-mata menjadi tanggung jawab guru pendidikan agama, namun sepatutnya dilaksanakan secara sistemik. Artinya, semua komponen sekolah terlibat dalam pencapaian tujuan pendidikan agama. Guru mata pelajaran umum dapat melakukan pembinaan dan pengembangan moral dan akhlak terpuji peserta didik. Lebih dari itu, Guru mata pelajaran umum …
Pendidikan Agama yang terselenggara pada sekolah- sekolah saat ini belum optimal dalam pengembangan p[ribadi, watak,d an akhlak karimah peserta didik sebagaimana yang telah diinginkan. Hal ini disebabkan berbagai faktor, antara lain rendahnya kompetensi profesional dan pedagogik Guru Pendidikan Agama, muatan kurikulum lebih berat kepada kemampuan ritualistik tapi lemah pada penguatan kesalehan …