Kegiatan Kajian Pemikiran Tokoh Pendidikan Agama dan Keagamaan ini dilatarbelakangi pemikiran, bahwa mengkaji pemikiran kependidikan yang dikemukan tokoh-tokoh pendidikan Islam dan implementasinya dalam lembaga pendidikan - baik di pesantren, sekolah, maupun perguruan tinggi dapat membantu memberikan ruang untuk sebuah refleksi, yang pada gilirannya memberikan rangsangan untuk menggerakkan upay…
Sebagai salah satu unsur utama penggerak Islam di Indonesia, pesantren tampak dari waktu ke waktu semakin berkembang dan bergeser dari pinggir ke tengah. Kaum santri juga menjadi 'pelaku' tidak lagi sebatas 'penonton.' Jika tidak ada pesantren --kalau boleh berandai-andai-- Islam masuk dan berkembang di Indonesia, termasuk pendidikan Islam di dalamnya, tidak akan secepat dan semoderat seperti s…
Pendidikan agama dalam konteks negara dan misi jangka panjang pembangunan nasional mempunyai beberapa fungsi strategik dalam mendorong terwujudnya peradaban Indonesia. Fungsi-fungsi itu meliputi 1) Pemenuhan hak asasi anak terkait dengan hak menerima pendidikan agama; 2) peningkatan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia individu anak bangsa; 3) mewujudkan masyarakat (bangsa) yang berakhlak muli…
Penerbitan naskah juara hasil lomba inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ini memiliki nilai strategi dan penting. mengingat bahwa pembelajaran PAl pada sejatinya diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam peserta didik dalam kerangka tidak saja membentuk kesalehan pribadi, namun juga kesalehan sosial. Dengan kata lain, pembelaj…
Yang menjadi tantangan selama ini adalah bagaimana mengkomunikasi- kan dan mensosialisasikan temuan penelitian, pengembangan dan kajian khususnya kepada unit-unit teknis, instansi terkait dan kepada publik, masih belum sepenuhnya dapat diselesaikan.