Buku Ini memuat tentang: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Konsep dasar Manajemen Kurikulum Bab 3 Tugas dan peran kepala sekolah dalam manajemen kurikulum Bab 4 Fungsi-fungsi Manajemen kurikulum Bab 5 Sumber daya pendukung keberhasilan pelaksanaan kurikulum Bab 6 Pengembangan Muatan Lokal Bab 7 Sosialisasi kurikulum k 13 Bab 8 Sertifikasi guru dalam Jabatan Bab 9 Manajemen Peningkatan mutu pendi…
Kurikulum tidak dapat dilepaskan dari sebuah proses pendidikan. Kurikulum merupakan seperangkat rencana mata pelajaran dan program pendidikan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam kurikulum memuat suatu tujuan yang ingin dicapai dalam suatu sistem pendidikan. Akhir-akhir ini kurikulum…
Buku ini memaparkan secara kritis dan seimbang terhadap fenomena intoleransi keagamaan. Oleh karena itu, buku ini bukan-lah sebuah karya keagamaan ataupun karya yang ingin menyudutkan sebuah kepercayaan yang dimiliki oleh suatu kelompok keyakinan. Dalam buku ini, selain mengkaji mengenai masalah intoleransi di Indonesia, juga mengulik tentang perkembangan pendidikan di Indonesia, toleransi bera…
Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas.
Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas.guru atau calon guru akan mendapatkan pengetahuan praktis langkah-langkah untuk menerjemahkan pedoman instruksional dan selanjutnya membuat persiapan pengajaran.
Buku tanya jawab ini menjelaskan sejarah perkembangan kurikulum di indonesia, mulai dari rencana pelajaran 1947 sampai dengan kurikulum yang kemudian dikenal dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Buku ini juga menjelaskan tentang proses penyusunan kurikulum, mulai dari terbitnya permendiknas (Peraturan mental pendidikan nasional) tentang delapan standar nasional pendidikan, sampai …
KBK, itulah nama kurikulum sebelum ditetapkan menjadi kurikulum 2004. Tapi ada pula yang menyebutnya kurikulum 2004 berbasis kompetensi. Yang menjadi masalah adalah pentingnya kesamaan persepsi terhadap implementasinya di lapangan. termasuk didalamnya disain pembelajaran peserta didik di sekolah-sekolah. Sebab ada indikasi kuat bahwa pemahaman kita terhadap kurikulum baru ini belum seirama. Iba…
Kurikulum TIK masa yang akan datang perlu dikembangkankan mengarah pada terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang dapat membangun bangsa yang mandiri, dinamis dan maju. Sudah barang tentu semua ini harus diikuti oleh kesiapan seluruh komponen sumber daya manusia baik dalam cara berpikir, orientasi perilaku, sikap, dan sistem nilai yang mendukung pengembangan kurikulum berbasis teknologi inform…
Sungguhpun buku ini berjudul Perencanaan dan pengembangan Kurikulum", tetapi dalam pembahasannya akan dimulai dari hal-hal pengembangan kurikulum lebih dahulu, baru terakhir membahas maslah "Perencanaan Kurikulum". Karena membahas perencanaan tidak akan tepat kalau tidak didahului oleh berbagai komponen kurikulum dan berbagai komponen kurikulum dan berbagai perkembangannya."