Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas.
Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas.guru atau calon guru akan mendapatkan pengetahuan praktis langkah-langkah untuk menerjemahkan pedoman instruksional dan selanjutnya membuat persiapan pengajaran.
Buku tanya jawab ini menjelaskan sejarah perkembangan kurikulum di indonesia, mulai dari rencana pelajaran 1947 sampai dengan kurikulum yang kemudian dikenal dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Buku ini juga menjelaskan tentang proses penyusunan kurikulum, mulai dari terbitnya permendiknas (Peraturan mental pendidikan nasional) tentang delapan standar nasional pendidikan, sampai …
KBK, itulah nama kurikulum sebelum ditetapkan menjadi kurikulum 2004. Tapi ada pula yang menyebutnya kurikulum 2004 berbasis kompetensi. Yang menjadi masalah adalah pentingnya kesamaan persepsi terhadap implementasinya di lapangan. termasuk didalamnya disain pembelajaran peserta didik di sekolah-sekolah. Sebab ada indikasi kuat bahwa pemahaman kita terhadap kurikulum baru ini belum seirama. Iba…
Kurikulum TIK masa yang akan datang perlu dikembangkankan mengarah pada terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang dapat membangun bangsa yang mandiri, dinamis dan maju. Sudah barang tentu semua ini harus diikuti oleh kesiapan seluruh komponen sumber daya manusia baik dalam cara berpikir, orientasi perilaku, sikap, dan sistem nilai yang mendukung pengembangan kurikulum berbasis teknologi inform…
Sungguhpun buku ini berjudul Perencanaan dan pengembangan Kurikulum", tetapi dalam pembahasannya akan dimulai dari hal-hal pengembangan kurikulum lebih dahulu, baru terakhir membahas maslah "Perencanaan Kurikulum". Karena membahas perencanaan tidak akan tepat kalau tidak didahului oleh berbagai komponen kurikulum dan berbagai komponen kurikulum dan berbagai perkembangannya."
Kurikulum esensinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah-masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional. Program yang disusun dengan baik, memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula. Karena itu dapatlah dikatakan kurikulum termasuk kajian strategis.rnrnDalam konteks pendidikan nasional, kurikulum menjadi alat untuk memudahkan pencapaian tujuan y…
Salah satu komponen yang sering dijadikan sasaran penyebab menurunnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Kesan yang muncul di masyarakat adalah setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum; padahal kurikulum yang terdahulu belum tersosialisasi secara merata, tiba-tiba diganti dengan yang baru. Artinya, setiap inovasi pendidikan atau pembelajaran perlu sosialisasi yang merata dan terus menerus, men…
Sejatinya, kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk teknis materi pembelajaran. Lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan sebuah bangsa. Dengan sendirinya, kurikulum memegang peran strategis dalam kemajuan bangsa tersebut. rnrnKurikulum tidak seharusnya bersifat statis. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntu…