Sebagai ujung tombak pendidikan, seorang pendidik harus memiliki kemmapuan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dar kacamata tersebut, maka buku ini menyajikan konsep, prinsip, kaidah, dan teori belajar secara komprehensif dan sistematis dengan harapan memberikan wawasan dan landasan kepada para pendidik agar dapt mewujudkan proses …
Strategi pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Dimaksudkan dengan strategi karena bidang garapannya tertuju pada bagaimana cara pengorganisasi materi pembelajaran, menyampaikan atau menggunakan metode pembelajaran, dan mengelola pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh ilmuan pembelajaran selama ini, seperti Reigeluth dan Mer…
Dari judul buku “Hypnoteaching”, pembaca awam mungkin membayangkan adegan dimana seorang guru menidurkan siswanya dengan bantuan bandul. Tentu bukan itu yang dimaksud. Buku yang ditulis oleh Novian Triwidia Jaya dan diterbitkan oleh D-brain ini mengulas tentang penerapan neuro linguistik program dalam pembelajaran yang kemudian dikenal dengan nama hypnoteaching. Tentu saja pemberian sugest…
DAFTAR ISI :rnrnMengajar dengan Sukses: maknanyarnMasalah mengajar sebagai organisasirnPengontrolan belajar dengan penuh maknarnOrientasinya: titik berat khususrnPrinsip hubungan dan organisasi pembelajaranrnPrinsip hubungan dan penilaian cara mengajarrnPrinsip fokus dan organisasi pengajaranrnPrinsip fokus dan penilaian pengajaranrnPrinsip sosialisasi dan organisasi pelajaranrnPrinsip sosialis…
Wenger telah menemukan teknik belajar paling aktual, yang bekerja sehebat dan seandal sakelar listrik di rumah Anda: tekan sakelar dan lampu pun menyala. Masing-masing teknik yang sangat beragam bakal memberi Anda hasil yang memuaskan. Sebagian dari teknik-teknik ini ditemukan Wenger pada 1977. Sebagian lainnya ditemukan ribuan tahun silam. Sebagian lainnya lagi ditemukan baru-baru ini, sama ba…
Konsep dasar strategi belajar mengajar ini meliputi hal-hal: (1) menetap-kan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku pebelajar; (2) menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah belajar mengajar, memilih prosedur, metode dan teknik belajar mengajar; dan (3) norma dan kriteria keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Strategi dapat diartikan sebagai suatu garis-garis besa…
Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar selalu bukan karena ia kurang menguasai bahan , tetapi karene ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materipelajaran tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan juga mengasyikkan, maka pendidik perlu memiliki pengetahuan tentang pendekatan dan teknik-teknik pembelajaran dengan memah…
Belajar dan mengajar pada dasarnya adalah persoalan kompleks dalam dunia pendidikan yang memerlukan pengembangan secara terus menerus. Proses belajar mengajar yang melibatkan keberadaan guru dan murid, adalah proses yang dikelilingi begitu banyak masalah. Bagaimana mengeraj dengan baik, metode apa yang mesti digunakan, bagaimana menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung, tujuan pembelajar…