Text
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIDKAN AGAMA ISLAM : di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi
Salah satu komponen yang sering dijadikan sasaran penyebab menurunnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Kesan yang muncul di masyarakat adalah setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum; padahal kurikulum yang terdahulu belum tersosialisasi secara merata, tiba-tiba diganti dengan yang baru. Artinya, setiap inovasi pendidikan atau pembelajaran perlu sosialisasi yang merata dan terus menerus, mencakup tidak hanya dimensi-dimensi praktis-operasional. Tetapi juga landasan-landasan konseptual filosofisnya.
Oleh karena itu, pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Sebagai salah satu perwujudan pengembangan sistem pendidikan Islam, harus memiliki visi, misi, tujuan, program kegiatan maupun praktik pelaksanaan pendidikan yang jelas. Buku ini secara komprehensif membahas tentang pengembangan pendidikan Agama Islam di sekolah/perguruan tinggi, filsafat pendidikan Islam dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum, berbagai pendekatan dalam pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum madrasah serta model pengembangan kurikulum Perguruan Tinggi agama Islam berbasis kompetensi.
Tidak tersedia versi lain