Text
Manajemen Peningkatan Mutu Lulusan (Sebuah Analisa pada Lulusan Madrasah Tsanawiyah di Lingkungan Pondok Pesantren)
Buku ini memuat hasil penelitian yang didasari oleh teori Manajemen George R. Terry dan TQM Edward Sallis. Adapun isinya mendeskripsikan tentang hasil penelitian yang meliputi; (1) Peningkatan mutu lulusan yang akan diwujudkan telah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditentukan dari aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. (2) Proses peningkatan mutu lulusan sudha dilaksanakan mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi tindak lanjut. (3) Kesiapan sumber daya MTs perlu ditingkatkan pengorganisasianya, baik sumber daya manusia, sarana dan prasarana, maupun biaya. (4) Pengolahan kurikulum sudah sesuai ketentuan, sehingga pembelajaran dapat diselenggarakan dengan lancar. (5) Kompetensi khusus yang diwajibkan dalam peningkatan mutu lulusan telah dikembangkan sesuai kurikulum yang digunakan. (6) Faktor penghambat dalam peningkatan mutu lulusan terdiri atas; faktor internal dan eksternal. (7) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan peningkatan mutu lulusan yaitu melalui rapat mingguan, mengikuti workshop dan seminar, mengoptimalkan sarana prasarana yang dimiliki, serta melakukan koordinasi yang baik dengan orangtua dan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain