Text
PEMBINAAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA
Tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan berbicara (bahasa Indonesia) mahasiswa lamban belajar (slow learner) Politeknik Negeri Jakarta, jenjang diploma III, program studi manajemen pemasaran, angkatan 2013/2014, yang berjumlah lima orang, meliputi: (i) kemampuan membaca (tulisan berbahasa Indonesia), (ii) kemampuan mendeskripsikan sesuatu. Topik penelitian ini dipandang penting untuk diinvestigasi karena mereka berkategori lamban belajar (kecerdasan intelektual 70—79, berdasarkan skala wechsler). Pada sisi lain, mereka berstatus sebagai mahasiwa jenjang diploma III sehingga dituntut mampu berbicara dengan baik dan tepat. Pertanyaanya adalah apakah mahasiswa lamban belajar Politeknik Negeri Jakarta mempunyai kemampuan berbicara yang baik? Jawabannya adalah kemampuan berbicara mereka belum diketahui. Karena itu, dipandang perlu dilakukan penelitian tentang hal tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan memberikan tes dan melakukan observasi langsung di lapangan (kelas). Data dianalisis secara kualitatif, dengan proses: (i) mereduksi data, (ii) men-disply data, dan (iii) menyimpulkan. Hasilnya adalah (i) 100% mahasiswa dapat membaca (tulisan berbahasa Indonesia) dengan baik, (ii) 100% mahasiswa dapat mendeskripsikan sesuatu bila diberikan rambu-rambu petunjuk gagasan, tetapi kurang mampu mendeskripsikan sesuatu bila tidak diberikan rambu-rambu penunjuk gagasan. Kesimpulannya adalah mahasiswa lamban belajar Politekik Negeri Jakarta dapat membaca tulisan berbahasa Indonesia dengan baik dan dapat mendeskripsikan sesuatu bila diberikan rambu-rambu penunjuk gagasan.
Tidak tersedia versi lain