Text
INOVASI PEMBELAJARAN : Pendidikan Agama Islam (SMP)
Hasil belajar dan minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Proses pembelajaran hanya dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah serta kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan pembelajaran yang penting dalam membentuk dan menumbuhkan perilaku keagamaan dan karakter peserta didik.rnrnInovasi pembelajaran adalah pembelajaran yang didesain oleh guru atas dasar dorongan atau gagasan baru untuk melakukan langkah-langkah dalam menguasai pembelajaran dengan metode maupun teknik baru, sehingga diperoleh cara atau metode yang dapat membuat peserta didik antusias dalam belajar. Pembelajaran yang inovatif mengandung arti pembelajaran yang dikemas oleh guru yang merupakan wujud dari gagasan atau ide yang dipandang baru agar mampu memaksimalkan hasil belajar peserta didik serta minat dalam memperoleh kemajuan belajar.rnrn Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kulitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk melihat peningkatan hasil dan minat belajar peserta didik di sekolah dasar. Inovasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan cara pemilihan dan penggunaan metode yang tepat, pemberian keteladanan, membiasakan atau membudayakan perilaku yang baik serta dapat dengan penggunaan multimedia berbasis adobe flash yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik di sekolah dasar agar peserta didik dapat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan ditunjukkan dengan perolehan hasil belajar yang meningkat.
Tidak tersedia versi lain