Text
Menjadi Peneliti PTK yang Profesional
Bagian awal buku ini memaparkan paradigma penelitian yang di dalamnya memuat pandangan atas paradigma berdasarkan teori realitas sosial yang dikemukakan oleh Ritser. Selain itu, dikemukakan pula manfaat mempelajari paradigma penelitian, penelitian ditinjau dari segi keilmuan, dan kedudukan penelitian tindakan kelas dalam paradigma penelitian ini. Pada bagian lain, buku ini menyoroti tentang eksistensi guru dalam pencarian kebenaran melalui penelitian tindakan kelas yang digambarkan lebih dahulu tentang hakikat • kebenaran, posisi filsafat ilmu yang tentu saja tidak bisa dilepaskan dari ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari keilmuan pembelajaran.
Buku ini disusun sebagai bagian dari upaya membantu para guru dalam memenuhi tuntutan pembuatan karya ilmiah. Apalagi, saat ini telah keluar Permennegpan Nomor 12 tahun 2009 tentang kewajiban guru yang akan naik pangkat harus melakukan penulisan karya tulis ilmiah. Untuk memudahkan guru menulis PTK, buku ini juga dilengkapi dengan contoh proposal penelitian dan contoh laporan penelitian.
Tidak tersedia versi lain