Text
ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Hingga saat ini, mutu pendidikan Islam masih jauh tertinggal dibandingkan dengan mutu pendidikan secara umum. Hal ini terjadi antara lain, karena pelaksanaan pendidikan yang diselenggarakan oleh pelbagai lembaga pendidikan Islam, belum dilakukan secara terencana dan terkonsep. Visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, kualifikasi guru, kriteria calon siswa, mutu lulusan, standar sarana prasarana, biaya, lingkungan, dan evaluasi tidak dirumuskan berdasarkan sebuah teori yang matang.
Di sisi lain, Pendidikan Islam sendiri memiliki kaitan yang erat dengan pelbagai disiplin ilmu, misalnya: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam erat kaitannya dengan filsafat; metodologi pengajarannya erat kaitannya dengan psikologi dan kebudayaan; kurikulumnya erat dengan filsafat dan iptek; aspek pengelolaannya erat kaitannya dengan ilmu manajemen; aspek sarana-prasarana dan pembiayaannya erat kaitannya dengan ilmu ekonomi dan politik; aspek hubungan antara pendidik dengan peserta erat kaitannya dengan ilmu sosiologi dan psikologi, dan seterusnya.
Dengan menghadirkan pendekatan multidisipliner atas Pendidikan Islam, buku ini mengajak para pihak yang concern dalam Pendidikan Islam untuk memahami pelbagai konsep yang terdapat dalam pelbagai disiplin tersebut yang selanjutnya diteraj dalam memahami Ilmu Pendidikan Islam sehingga d dilaksanakan pada tataran praktis secara utuh, integral, holistik.
Tidak tersedia versi lain