Multiple intelligences menyatakan bahwa kecerdasan tidak hanya satu (IQ), tetapi berwajah banyak. Di sisi lain, multiple intelligences yang semua berupa teori ketika masih di dunia psikologi harus berubah menjadi “strategi” ketika memasuki dunia edukasi menjadi persoalan tersendiri bagi guru. Akibatnya, paradigma besar tersebut tidak berimplikasi bagi meningkatnya kualitas pembelajaran, kec…
Tanpa adanya pemahaman yang komprehensif mengenai konsep dasar PAUD, siapapun akan keliru memahami PAUD.rnrnBuku ini membahas segala sesuatu mengenai PAUD secara komprehensif, mulai dari PAUD, pandangan para filsuf di bidang pendidikan anak, prinsip-prinsip PAUD, karakteristik perkembangan anak, kualifikasi guru PAUD, peran orang tua terhadap keberhasilan lembaga PAUD, isu-isu kontemporer PAUD …
Meskipun Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Bimbingan dan Konseling (BK) tidak menyebut secara eksplisit pentingnya BK pada pendidikan Anak Usia Dini (BK-PAUD), dalam Permendikbud No. 146 tentang Kurikulum 2013 ditegaskan bahwa PAUD wajib melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak.rnrnSecara keilmuan, deteksi dini tumbuh kembang anak merupakan bagian dari ilmu psikologi, khususnya …
Hakikat pendidikan adalah mengoptimalisasikan seluruh potensi (kecerdasan) manusia. Seluruh potensi manusia berpusat pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains sehingga pendidikan perlu memasukkan neurosains ke dalam praksis pembelajaran. Ironisnnya, selama berabad-abad pendidik mengubah otak anak (mengembangkan potensi peserta didik) tanpa pengetahuan sedikitpun tentang neurosa…