Bab-bab yang dibahas dalam buku ini adalah sama pentingnya antara yang satu dengan yang lain. Namun apabila seorang peneliti ingin mengetahui hasil dan kegiatan penelitiannya, maka seorang peneliti hendaklah menggunakan metode-metode yang sudah ada, dan hasilnya pun harus dapat dipertanggung- jawabkan.
Setiap kegiatan manajemen akan dikatakan sempurna jika dalam prosesnya dilaksanakan suatu evaluasi, tidak terkecuali dalam manajemen pendidikan. Program pendidikan sebagai penjabaran dari perencanaan pendidikan harus dievaluasi dengan seksama, menggunakan strategi yang tepat sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Evaluasi terhadap program pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui tingkat…
Tolok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik bu…
Tolok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik bu…
Buku ini menjadi suatu pegangan wajib bagi mahasiswa dan pemula yang akan melakukan penelitian. Buku ini memberikan gambaran yang jelas tentang langkah-langkah serta membahas semua aspek yang lazim dilakukan dalam penelitian. Membeli serta memiliki buku ini tidaklah menjadi suatu hal yang merugikan.rnrnBuku ini merupakan revisi dari buku Prosedur Penelitian Edisi Revisi VI. Pada revisi kali ini…
Akhir- akhir ini banyak sekali terdengar jenis penelitian baru yang dikenal dengan nama "Penelitian Tindakan Kelas" disingkat PTK. dalam buku penelitian tindakan tulisan suwarsih madya disebutkan bahwa penelitian tindakan mulai berkembang tahun 1940 tetapi di indonesia penelitian tindakan ini baru di sosialisasikan sekitar sepuluh tahun terakhir (Suwarsih Madya,2006; 6).
Buku ini membahas secara komprehensif dan detail seputar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research), bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana kegiatan PTK dapat dilakukan oleh guru atau tenaga pendidik yang lain.
Merasa mempunyai ijasah guru Sekolah Dasar mengikuti Textbook Writing Project tahun 1968 untuk IPA dan Matematika, penulis mencoba mencari pengalaman menulis buku IPA dan Latihan Matematika SD, untuk kelas 1 sampai dengan kelas VI masing-masing judul 9 buah buku. Buku-buku ini beredar dari tahun 1976 sampai dengan 1983 di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun dari pengalaman dua buku ini, t…